Saturday 22 December 2012

Penyebab Komputer Sering Restart Sendiri

Penyebab Komputer Sering Restart Sendiri
Memperbaiki komputer Sendiri
Penyebab Komputer Sering Restart Sendiri | Entah mengapa ketika sedang mengoperasikan komputer atau sedang bermain game tiba - tiba Komputer mati dan restart sendiri, bahkan ketika baru saja memulai menyalakan komputer belum juga sampai pada windows eh tiba - tiba komputer restart sendiri secara berulang - ulang tanpa henti, ada apakah gerangan? kita cari tahu penyebab dan solusi Memperbaiki Komputer Sering Restart Sendiri.

5. Penyebab Komputer Sering Restart Sendiri
1. Over Heat (Kelebihan Panas)
Kemungkinan yang pertama yaitu terlalu panas di dalam sehingga menyebabkan PC / komputer sobat restart sendiri. CPU terlalu panas akibat dari pemakaian yang terlalu lama atau bisa juga kipas dalam CPU tidak berputar dengan semestinya atau mandeg. Coba lihat CPU temperatur pada BIOS yang biasanya ada dalam “PC Health Status.” Temperatur normalnya adalah 35C – 40C. Bila 40C – 47C berarti mulai memanas. Namun bila sampai pada 47C – 50C itu terlalu panas dan sobat harus mengistirahatkan komputer/PC sobat agar lebih cooling down. bila perlu periksa juga kipas pada CPU. Dan yang pasti, jangan sampai CPU sobat mendekati atau bahkan temperaturnya mencapai 79 derajat celsius itu bisa menyebabkan ledakan. Pastikan CPU sobat selalu ada dalam temperatur kisaran 35C – 40C. Namun Bila sobat tidak mau repot masuk BIOS untuk cek temperature. Silahkan download Speedfan untuk mengecek CPU temperatur secara realtime.

Solusinya: Bila CPU sobat sudah terlanjur panas, CPUnya harus di bongkar, sobat bisa melakukannya sendiri. Buka casing cpu dan nyalakan komputer/PC sesaat. Coba perhatikan semua kipasnya yang ada (terutama kipas processor). Apakah putarannya normal? Cepat atau lambat? Atau ngga jalan sama sekali? Jika ada yang putarannya lambat, sobat harus periksa kipas tersebut. Coba sobat putar-putar kipas tsb (pc dalam keadaan mati tentunya). Jika terasa berat, cabut kipas tsb dan semprot dengan 4WD lalu putar-putar sampai kotorannya keluar dan putarannya lancar kembali.

Untuk kipas yang tidak berputar sama sekali, periksa dulu apakah kabelnya tersambung ke power supply atau tidak? bila ya, lakukan seperti langkah diatas. INGAT: Sering-seringlah memperhatikan perhatikan temperatur CPUnya!

2. Bad Memory (Memory yang Kotor, Jelek maupun Rusak)
Suhu komputer/PC sobat normal akan tetapi tetap sering restart sendiri? Kemungkinan yg kedua adalah bad memory atau bad RAM. Sobat harus mengecek RAM. Caranya lakukan pengetesan dengan menggunakan Memory Diagnosis Tools. Salah satunya adalah Windows Memory Diagnostic. Jalankan dulu executeable file-nya pada Windows lalu pilih CD atau Floppy Disk Install.

Jika sobat memilih ‘Create Startup Disk’, silahkan sobat masukkan flash disk ke diskdrive sobat. Setelah proses selesai restart komputer sobat dan ganti ‘First Boot’ ke ‘Flash Disk’ pada BIOS. Setelah itu, Windows Memory Diagnostic akan men-scan RAM sobat.

Jika sobat memilih ‘Save CD Image to Disk’, klik tombol tersebut dan save file image di harddisk komputer sobat. Lalu dengan menggunakan CD Burning program seperti Nero, burn file image tersebut ke dalam CD. Untuk mudahnya gunakan Nero SmartStart dan pilih ‘Burn Image to Disc’ pada bagian ‘Copy and Backup’. Setelah cd selesai diburn, restart komputer dan boot dari cd lalu scan memory/ram sobat.
Kalau dari hasil diagnosa mengatakan ada bad memory berarti mau ngga mau sobat harus ganti ram sobat.
Program lain untuk mendiagnosa bad memory adalah Memtest86+ dan Docmem.

3. Virus and Spyware
Nah dua kakak beradik ini cukup memberikan andil dalam kerusakan PC sobat. Coba Scan komputer/PC sobat dengan AntiVirus and anti SpyWare terbaik yang sobat miliki.

4. Bad Power Supply
Komputer sering restart karena Power Supply kekurangan atau kelebihan daya
Disinilah sumber daya untuk komputer diproses dari tegangan AC 220 Volt dirubah menjadi DC 3, 5, 12 Volt. Power Supply sering kekurangan daya terutama jika komponen kondensator yang melemah bahkan jebol. coba lakukan pengantian Power Supply yang bagus karena demi menjaga komponen yang ada dalam motherboard.

5. Over Galau
Loh kok Over Galau? hehe... jadi begini. sebetulnya windowslah yang melakukan restart secara tiba - tiba tanpa pemberitahuan. Hal ini dilakukan agar menghindari kerusakan pada komputer/PC sobat. Begitu ada yang tidak beres dengan komputer sobat, windows akan langsung merestartnya.

Namun bila sobat tidak ingin windows merestart komputer jika ada masalah karena sobat akan melakukannya secara manual, lakukan langkah berikut:
    • Klik kanan pada icon My Computer
    • Pilih tab Advanced
    • Klik Setting pada bagian “Startup and Recovery”
    • Uncheck Automatically Restart
    • Tekan OK
      Hemm,,, cara poin 5 di atas bisa sobat lakukan bila poin1-4 tidak ada masalah.

      0 comments:

      Post a Comment